Category Archives: Chem of life

Rekayasa Sumber Daya

Dosen itu tiba-tiba menghentikan penjelasannya. Mukanya terasa menegas seolah ada sesuatu hal besar yang tiba-tiba menyergap pikirannya, dan mendesak untuk segera disampaikan. “Dunia sekarang bergerak ke kutub-kutub ini: optimis, pesimis, juga antisipatif”, begitu mulainya. Tentu saja ini melenceng jauh dari pembahasan training kali ini. “Yang optimis, menganggap sumber daya alam ini tak akan pernah habis,… Read More »

tentang segelas air yang tak melarutkan sejumput garam

Jawababnnya ada pada teori kelarutan. Alasan kenapa sejumput garam tak mampu lagi melarut dalam segelas air itu teralamatkan pada teori kelarutan. Lebih tepatnya, mungkin pada dua hal ini: jenuh yang sudah tercipta, atau pengadukan yang belum terlalu benar dan merata. Yang pertama berbicara tentang titik maksimal yang sudah tercapai, yang kedua menyinggung usaha yang belum… Read More »

Fase

Salah satu fenomena menarik di dunia science dalam hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari adalah : bahwa untuk menuju ‘status’ yang lebih tinggi, akan selalu membutuhkan energy yang jauh lebih tinggi dari biasanya. Sebagai contoh misalnya, apabila kita akan menyeret benda dari keadaan diam ke keadaan bergerak –yang mana kita mafhumi bahwa bergerak mempunyai status lebih… Read More »