Matematika Buah Naga

By | February 2, 2016

Saat mampir ke kios buah, khususnya kala saya bermaksud membeli buah naga, saya kerap kali tercenung sejenak untuk memutuskan buah naga yang mana kah yang akan saya pilih. Pasalnya begini, sudah jamak kalau buah naga yang ditawarkan di kios buah itu terdiri atas beberapa harga dengan ukuran sebagai pembedanya. Yang ukuran terbesar tentunya harganya paling mahal, yang terkecil paling murah. Keputusan tentang buah naga ukuran apa yang saya beli, bisa berbeda-beda. Jika sedang ingin yang murah-murah, maka pilih yang kecil saja. Jika sedang lapar mata, dan sedang menganggap ukuran adalah segalanya, maka saya memilih yang besar, meski harus mengeluarkan duit lebih banyak. Pilihan saya pada akhirnya berdasarkan mood pribadi tanpa landasan yang kuat.

Padahal, kalau dipikir-pikir pas senggang, persoalan memilih buah naga mana yang seharusnya dibeli adalah persoalan yang ilmiah sekali.

Ini adalah ranah matematika yang bahkan cocok untuk dijadikan soal pas ujian matematika anak sekolah.

Jadi begini, taruhlah harga buah naga dengan diameter 10 cm itu 20.000 per kg, sedangkan yang diameter 7,5 cm cuma 15.000 rupiah per kg-nya. Jika kemudian asumsi-asumsi ini berlaku: tebal kulit buah sama-sama 0.5 cm, kemanisan antara yang kecil dan besar sama saja, density buah sama sebesar 0.001 kg/cm3; berilah pertimbangan manakah ukuran buah naga yang seharusnya saya pilih. Tentu saja, yang kita ingini dari buah naga ini adalah daging buahnya, dan kulit buah sebagai sisa yang tak kita ambil manfaatnya.

Harga 20.000 atau 15.000 di atas adalah harga kotor untuk buah naga, yang mana mencakup daging buah dan kulit. Maka, untuk membuat lebih jelas persoalan, kita mesti tahu berapa sebenarnya harga buah naga itu per kg daging buah (tanpa kulit). Untuk itu, yang perlu kita lakukan adalah menghitung volume per buah naga untuk masing-masing ukuran, baik itu beserta kulitnya maupun volume untuk buah naga tanpa kulit. Jadikan massa lewat mengalikannya dengan density buah. Dari situ, kemudian kita akan mendapatkan berapa banyak buah yang kita dapatkan per kg-nya. Dari situ pula kita akan dapat mengetahui berapa sebenarnya massa daging buah yang kita dapatkan jika membeli 1 kg saja.

Inilah kemudian hasilnya: harga sebenarnya adalah 27.435 per kg daging buah ukuran besar , dan 23.819 per kg daging buah ukuran kecil. Bila mulanya selisih harga antara ukuran besar dan kecil mencapai 5.000 per kg-nya, ternyata dengan menghitungnya secara seksama, dengan hanya menghitung untuk harga daging buah, selisih harganya tak mencapai 4.000 per kg-nya. Perbandingan macam ini, harapannya, akan lebih memudahkan kita untuk membuat keputusan.

Hitung-hitungan macam ini rasa-rasanya banyak yang menyebutnya dengan ‘kurang kerjaan saja’. Tapi memberdayakan otak setiap saat, bahkan untuk hal semacam ini, boleh jadi menjadi bagian untuk merawat otak tetap prima sampai usia senja.

Jadi, sebagai penutup, sudah siap membawa scientific calculator saat hendak membeli buah naga?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *